Selasa, 05 Juni 2012

Mbakyu



Selain Lia, aku juga mempunyai panggilan yaitu Mbakyu.Mbakyu merupakan bahasa Jawa yang berarti kakak perempuan. Yaa..aku wong Jawa, sing merantau nang Jakarta. Karena itulah teman-temanku memanggilku seperti itu.

Saat aku googling, aku temukan beberapa arti seperti berikut:
Yu berarti:
  1. Kata panggilan, singkatan dari mbakyu yang secara harafiah berarti kakak perempuan. Diambil dari bahasa Jawa.
  2. Ejaan alternatif untuk ikan hiu.
  3. Yu yang Agung - pendiri Dinasti Xia dalam sejarah Cina.
Sumber: wikipedia


Panggilan ini, awalnya dipelopori oleh mas Rizky yg satu persukuan, sama-sama orang Solo juga. Lama-lama teman-teman terdekatku, seperti tami-tari dan irma juga memanggilku seperti itu. Awalnya aku merasa risih karena dalam pikiranku, mbakyu adalah sebutan untuk mbak-mbak yg bantuin di rumah. Atau terkadang untuk menyebut orang yg membantu kita disana disebut dengan panggilan “yu” atau “mbak”. Tapi maksud mereka mungkin menyebut “mbak” seperti panggillan adikku kepadaku. Lagipula itu hanya sebuah panggilan dan bentuk rasa sayang mereka terhadapku dengan panggilan seperti itu. Dan menunjukkan bahwa aku wong Jawa atau kula punika tiyang Jawi (re: saya orang Jawa). Aku bangga dengan itu J


1 komentar:

  1. mbakyu mbakyu, saran nih, nek iso background homepage blognya, diganti mbakyu. soale ora iso kebaca jelas e postinganne. hihi matur nuwun mbak yuuu :)

    BalasHapus

Popular Post